Monday 30 June 2008

Asal Mula Orang Buton

Kebesaran suatu kaum dapat di ukur dari kontribusi yang di sumbangkan oleh kaum tersebut terhadap peradaban. Apa yang telah disumbangkan oleh Orang Buton sebagai suatu kaum terhadap peradaban?

Kebudayan Buton adalah kebudayaan yang tertua dan terkaya di Jazirah Tenggata Pulau Sulawesi. Kekayaan dan keontentikan kebudayaan ini masih dapat di lihat dari banyaknya peninggalan budaya dari masa lampau yang masih utuh dan tetap terpelihara baik dalam bentuk bangunan, adat istiadat dalam perilaku masyarakat maupun dalam bentuk karya seni.

Sebagai suatu masyarakat Buton mulai tercatat dalam dalam literatur sejak abad-13. Dalam buku Negarakertagama tulisan Mpu Prapanca tahun 1365 terungkap nama Butun-Banggawi sebagai suatu tempat yang termasuk dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit. Pada masa itu kiranya di kawasan ini telah berdiri suatu masyarakat kerajaan dengan susunan sosial politik yang relatif teratur. Selain nama Buton tidak terlepas pula nama Wolio untuk menyebut masyarakat kerajaan ini.

Dalam Hikayat Sipanjonga disebutkan bahwa pendiri Kerajaan Buton adalah Mia Patamiana yang secara harfiah dapat diartikan sebagai "orang yang empat". keampat orang ini yang terdiri dari Sipanjonga, Simalui, Sitamanajo dan Sijawangkati berasal dari Johor Semenanjung Malaya. Mereka mendarat di daratan Buton dalam dua rombongan. rombongan Sipanjongan dan Simalui mendarat di Kalampa sedangkan rombongan Sitamanajo dan Sijawangkati mendarat di Walalogusi. mereka kemudian membangun pemukiman di tepi pantai tempat mereka mendarat. Selanjutnya mereka kemudian bergabung membangun pemukiman baru. Dalam membangun pemukiman baru tersebut mereka membuka hutan dan menebangi kayu yang dalam bahasa setempat di sebut Welia. Dari kata Welia inilah konon muncul nama Wolio.

Dalam kisah lain disebutkan adanya kelompok masyarakat yang hidup di daerah pedalaman Pulau Buton. Mereka dipimpin oleh Dungkucangia yang dikisahkan sebagai seorang Komandan tentara Kubilai Khan yang diperintahkan untuk menghancurkan Raja Kertanegara dari Kerajaan Singosasi. Dalam sejarah tercatat bahwa misi yang dijalankan oleh pasukan tentara Kubilai Khan tersebut kemudian digagalkan, dihancurkan dan cerai beraikan oleh Raden Wijaya yang selanjutnya mendirikan Kerajaan Majapahit. Dungkucangia ini dikisahkan sebagai bagian dari Tentara Kubilai Khan yang tercerai berai tadi yang tidak kembali lagi kenegerinya yang kemudian mendarat di Pulau Buton dan memimpin Kerajaan Tobe-Tobe. Oleh karena suatu perbedaaan kepentingan Sijawangkati dan Dungkucangia terlibat dan perselisihan yang harus diselesaikan melalui adu kesaktian dalam suatu pertarungan. tidak ada yang menang dan kalah dalam pertarungan tersebut sehingga mereka kemudian bersepakat untuk membangun kehidupan dalam suatu ikatan persaudaraan. Sebagai wujud ikatan persaudaraan tersebut Dungkucangia kemudian memasukkan Kerajaan Tobe-Tobe yang dipimpinnya dalam wilayah Kerajaan Buton.

Adapun kisah terjadinya Buton dalam versi Islam adalah ketika seorang musafir arab di perintahkan oleh Rasulullah SAW untuk berlayar ke timur menuju ke sebuah pulau yang sudah lama merindukan kedatangan Islam. Setibanya di Bulau tersebut, Musafir menaruh jubahnya di suatu tempat sehingga jubah tersebut menjadi perhatian penduduk setempat. mereke ingin mengetahui siapa pemilik jubah tersebut. Sementara itu bertengger 7 ekor burung di pohon dekat jubah, sambil menyuarakan bergantian " butuni-butuni-butuni" maka bersujudlah orang-orang di sana begitu melihat ternyata musafir tersebut adalah seorang Waliyyullah. dari kata Waliyullah tersebutlah kemudian di sebut Wolio.




1 comment:

Unknown said...

Halo, nama saya KEZIA ARJUNA, tolong saya ingin Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semuanya nyata, mereka scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semuanya pencuri. Saya telah menjadi korban di 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak dapat memperoleh pinjaman dari mereka. harus sangat berhati-hati agar Anda tidak akan terkecoh seperti saya, jika Anda benar-benar ingin melamar di internet, hanya ada satu kreditur kredit saya yang saya percayai begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya terkecoh, saya sangat kesakitan karena saya memiliki banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya mencari perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru KATHLEEN BRIAN, dan kami diimplementasikan di perusahaan, jadi ada seorang teman yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan peraturan dan untuk Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 420 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KATHLEEN BRIAN dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga 2%, Anda dapat menghubunginya melalui ini alamat email kathleenloancompany1@gmail.com. Silakan Anda masih dapat menghubungi saya di email saya untuk informasi lebih lanjut keziaarjuna@gmail.com